Bambu Bertuah Beserta Kesaktiannya

5 Jenis Bambu Bertuah Beserta Kesaktiannya

5 Jenis Bambu Bertuah Beserta Kesaktiannya – Keberadaan bambu mungkin tidak terlalu penting bagi kalangan masyarakat yang tidak mengerti atau dipercaya dengan hal-hal yang berbau spiritual. Namun, beda cerita bagi masyarakat Jawa yang kental akan kepercayaan mereka terhadap hal-hal ghaib atau spiritual.

Masyarakat Jawa percaya bahwa keberadaan bambu ada yang mengandung energi spiritual, sehingga bambu dianggap sebagai benda pusaka keramat. Tetapi tidak sembarangan jenis bambu itu langsung dianggapnya keramat.

Ada beberapa jenis bambu khusus yang mereka anggap sebagai bambu bertuah. Mereka percaya bahwa jenis bambu khusus itu memiliki khodam yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Sedikitnya ada 5 jenis bambu bertuah dengan berbagai kesaktian yang dimilikinya. Diantaranya adalah bambu pethuk atau yang juga dikenal sebagai pring pethuk, pring patil lele, pring gading, pring buntet, pring gantung.

5 Jenis Bambu Bertuah dan kesaktiannya

1. Bambu Petuk / Pring Petuk

Bambu bertuah yang paling dikenal dimasyarakat luas adalah bambu petuk atau pring petuk. Bambu pethuk adalah sebuah bambu yang tunasnya saling bertemu. Satu tunas menghadap dan tumbuh ke atas, tunas lainnya menghadap kebawah. Secara supranatural, bambu pethuk umumnya dihuni oleh banyak jin atau khodam.

Nah khodam inilah yang mampu membantu atau memberikan manfaat untuk berbagai keperluan. Manfaat-manfaat bambu pethuk dapat Anda lihat disini

Adapun, bambu petuk ini dalam dunia spiritual dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis bambu pethuk dan khasiatnya.

2. Pring Patil Lele

Ya, sesuai namanya bambu berkhodam ini jika dilihat dari atas maka bentuk bambu bertuah ini nampak seperti ikan lele. Lalu dua cabang yang berada pada satu ruas terlihat seperti patil lele dewasa.

Pring patil lele ini dipercaya memiliki manfaat sebagai sarana perlindungan, seperti melindungi rumah dari santet, teluh, tenung, pelet atau guna-guna. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan menanam pring pathil lele ini tepat di depan pintu rumah Anda.

3. Pring Buntet

Disebut pring buntet, karena bambu bertuah ini memang buntet. Tidak seperti bambu lainnya yang terdapat lubang ditengahi batangnya, pring buntet justru batangnya penuh berisi tanpa rongga sedikitpun.

Pring buntet sering digunakan sebagai sarana perlindungan. Selain itu bambu bertuah ini juga digunakan untuk menyembuhkan orang kesurupan dan jimat ilmu kebal.

4. Pring Gantung

Jenis bambu beruah yang keempat yaitu pring gantung. Pring gantung adalah bambu dimana tunas tumbuh bukan pada ruasnya, melainkan tepat di bagian batang utama bambu. Tunas yang tumbuh itu umumnya lebih dari satu, menghadap ke bawah.

Kesaktian pring gantung ini dimanfaatkan untuk mengembalikan posisi bayi sungsang dan melakukan puter giling pada orang yang telah lama pergi dari rumah.

5. Pring Gading

Jenis bambu bertuah ini adalah yang paling mudah ditemukan. Warna pring gading ini kuning keemasan, tidak memiliki buluh atau lugut, sering ditanam di pekarangan rumah-rumah masyarakat Jawa sebagai penangkal pengaruh buruk.

Pada zaman peperangan, pring gading sering dijadikan sebagai senjata tradisional untuk melawan penajajah. Kesaktiannya, seseorang yang memiliki ilmu kebal akan lumpuh seketika jika terkena serangan dari pring gading ini.

Nah, itulah 5 jenis bambu bertuah beserta kesaktiannya. Di masa sekarang masih banyak orang yang memiliki bambu bertuah yang fenomenal ini. Jika Anda berminat untuk memilikinya, salah satu jenis bambu dapat Anda lihat di situs ini.